Rabu, 14 Oktober 2020

Kopassus (Komando Pasukan Khusus)

Setiap negara yang disegani karena kekuatan militernya, biasanya memiliki pasukan elit yang bisa diandalkan secara fisik dan mental di medan tempur. Termasuk di negara kita indonesia, yang pasukan elit kebanggaan rakyat indonesia. Salah satu pasukan elit tersebut bernama Kopassus. 

Kopassus merupakan bagian dari Komando Utama tempur yang dimiliki oleh Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD). Kopassus memiliki kemampuan khusus seperti bergerak cepat di setiap medan, menembak dengan tepat, pengintaian, dan anti teror. Tugas Kopassus Operasi Militer Perang (OMP) diantaranya yaitu Direct Action serangan langsung untuk menghancurkan logistik musuh, Combat SAR, Anti Teror, Advance Combat Intelligence (Operasi Inteligen Khusus).

(baca juga : syarat perpanjangan SIM )

Warna seragam dari pasukan kopassus yaitu baret merah dengan baju loreng darah yang mengalir. Dengan himne yang sering diteriakkan "lebih baik pulang nama daripada gagal di Medan laga". 

Kopassus berdiri sejak 16 April 1952 hingga sekarang. Dalam melaksanakan operasi tempurnya, jumlah personel yang terlibat relatif sedikit dan tidak sebanyak jumlah personel infanteri biasa. Kopassus tidak pernah melakukan operasi dengan melibatkan kekuatan satu batalyon sekaligus. 

(Baca juga : suka & duka kerja di tambang)

Kopassus berbeda dengan satuan tempur pada umumnya, maka satuan di bawah batalyon tidak disebut sebagai kompi. Tetapi disebut sebagai detasemen, unit atau tim.

Misi dan tugas operasi kopassus bersifat rahasia, mayoritas dari kegiatan tugas daripada satuan Kopassus tidak pernah diketahui secara utuh. Salah satu contoh operasi Kopassus yang pernah dilakukan dan tidak diketahui publik yaitu : 

1. Penyusupan ke pengungsi Vietnam di pulau Galang untuk membantu pengumpulan informasi untuk di kordinasikan dengan pihak Amerika Serikat (CIA) 

2. Penyusupan perbatasan Malaysia dan Australia dan operasi patroli jarak jauh (long range recce) di perbatasan Papua nugini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar