Rabu, 14 Oktober 2020

Tik Tok


Dewasa ini kita sering mendengar orang - orang ramai bermain tik tok. Fenomena ini menjamur di kalangan remaja. Tidak hanya remaja saja, terkadang orang dewasa pun tertarik untuk bermain menggunakan aplikasi ini. Lalu, apa itu tik tok? 

Tik tok adalah sebuah aplikasi jaringan sosial dan platform video musik asal Tiongkok yang dluncurkan pada September 2016 oleh Zhang Yiming. Aplikasi tik tok membolehkan para pemakainya untuk membuat video musik pendek mereka sendiri.


Masyarakat  bahwa banyak beranggapan bahwa aplikasi populer itu selalu diciptakan di Silicon Valley, atau datang dari Negeri Paman Sam seperti YouTube, Facebook, Instagram, WhatsApp, Twitter, dan lainnya.

Namun seiring berjalannya waktu, tik tok justru memutar balikan persepsi tersebut. TikTok menjadi penantang status quo raksasa aplikasi dunia. TikTok adalah aplikasi media sosial yang memungkinkan pengguna membuat dan berbagi klip video 15 detik, murni Made in China.

(Baca juga : pasukan elit kopassus)

Tik tok pernah sempat diblokir di indonesia pada hari selasa tanggal 3 Juli 2018. Kemenkominfo telah memantau aplikasi ini selama sebulan dan banyak mendapatkan laporan negatif tentang aplikasi ini. Terhitung sampai 3 Juli 2018, laporan yang masuk mencapai 2.853 laporan. 


Pemblokiran aplikasi ini, sudah dikoordinasikan dengan Kemen PPA sampai pemutusan untuk pemblokiran. Aplikasi ini dilepas pemblokirannya satu minggu kemudian setelah tik tok bernegosiasi dan membuat berbagai perubahan seperti menghapus konten - konten negatif, membuka kantor penghubung pemerintah, dan menerapkan batasan usia serta mekanisme keamanan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar